Pages

Monday, April 13, 2009

Teknik-teknik Mengatur Gagasan


Dalam menyelesaikan persoalan, banyak sekali gagasan yang muncul. Maka untuk itu kita harus melakukan penilaian. Ada beberapa teknik untuk mengukur dan menilai gagasan-gagasan yang telah terkumpul serta memisahkan gagasan yang hebat dari yang tidak begitu hebat. Untuk proses penilaian, harus disediakan waktu khusus, jangan menilai pada saat sedang mengumpulkan ide.

1. Kelompokkan gagasan dan urutkan
Gagasan/ide yang berhasil dikumpulkan, dikelompokkan ke dalam beberapa kategori sesuai dengan permasalahan yang dihadapi. Setelah itu urutkanlah untuk memudahkan penilaian, Dari penilaian ini akan kelihatan, mana ide yang harus mendapatkan perhatian lebih lanjut, mana yang layak untuk dipertimbangkan, dan seterusnya.

2.Lihat pro dan kontra
Apabila kita mengalami kesulitan dalam memutuskan gagasan mana yang harus dilaksanakan, teknik yang baik untuk memudahkannya adalah dengan mendaftar pro dan kontra yang mungkin timbul dari gagasan tersebut. Ini dapat dijadikan bahan pertimbangan sebelum melanjutkan tahap berikutnya.

3.Buat analisis
Analisis tidak hanya dapat digunakan untuk menyaring permasalahan, tetapi juga berguna untuk menilai pemecahan yang akan diambil. Sebelum kita mengakhiri semuanya, lakukanlah analisis lebih lanjut terhadap pemecahan yang dan lakukan perbaikan yang disarankan.

4.Mengapa sampai gagal?
Mengapa pemecahan yang kita anggap cemerlang bisa gagal? Apa penyebabnya? Apa akibatnya? Walaupun menyakitkan, tetapi kita harus tetap mempelajari sambil melakukan perbaikan. Lebih baik menemukannya sekarang daripada setelah kita menginvestasikan modal yang lebih besar.

• Rumuskan dan urutkan manfaat-manfaat
Pokoknya yang perlu diingat, orang tidak membeli suatu barang, tetapi mereka membeli manfaatnya. Maka, alasan yang paling kuat pendapat kita bisa diterima adalah karena manfaat pokok yang dapat dihasilkan dari gagasan tersebut. Pahamilah dengan baik saran yang kita berikan dan temukanlah manfaat-manfaatnya. Dari sejumlah gagasan yang terpilih, uraikanlah manfaat-manfaat yang dapat diperoleh dan urutkanlah menurut kepentingannya.

•lakukan pemeriksaan kenyataan
Kita bisa saja menjaga kerahasiaan gagasan kita sepanjang waktu sampai dengan saat kita mengungkapkannya. Tetapi apakah pemecahan itu akan berhasil ketika diterapkan di dunia nyata? Tentunya pengujian kenyataan layak dilakukan. Pengujian ini mencakup berbicara dengan orang-orang yang tidak berpihak, yang tidak memiliki kepentingan apa pun atas hasilnya, atau para langganan. Tentunya juga hal ini harus dilakukan dengan hati-hati untuk menjaga kerahasiaan gagasan kita. Jangan hanya mengandalkan pendapat sendiri, karena kita tidak akan bisa bersifat objektif.

•Jangan berhenti apabila sudah selesai
Hanya karena kita telah memperoleh pemecahan, mendapatkan pemecahan dapat berjalan terus, memperoleh dana, mewujudkannya dan membuahkan hasil, tidaklah berarti bahwa kita harus berhenti sampai di situ. Tantangan untuk selalu meningkatkan dan memperbaiki harus dijadikan pendorong untuk maju terus. Masalahnya sangat sederhana. Para pemakai memiliki harapan, penemu membuat pemecahan yang menakjubkan, terkadang bisa melebihi harapan pemakai, sehingga mereka bisa menjadi sangat kagum, namun harus diingat sifatnya hanya sementara. Pemakai tidak pernah puas. Demikian juga kita. Teruskanlah untuk menghasilkan ide-ide besar. Jika tidak begitu, maka orang lain yang akan mengambil alih. Jagalah agar selalu selangkah lebih maju dibandingkan para pesaing kita.


0 komentar:

Post a Comment