Pages

Monday, April 13, 2009

Cara Menumbuhkan Gagasan-gagasan Besar


Mencari ide yang dapat digunakan untuk suatu produk dan layak jual adalah sesuatu yang cukup sulit bagi mereka yang belum terbiasa atau belum pernah melakukan sampai berhasil. Banyak hal yang dapat menjadikan suatu gagasan yang sebenarnya merupakan suatu prospek bagus tetapi gagal dilaksanakan karena kurang belajar dalam menerapkan atau mungkin terpengaruh oleh orang lain sehingga menjadikan penghalang dalam melaksanakan ide brilian bila diterapkan dan akan menjadikan kesuksesan dalam bisnis utamanya bisnis internet.

Sekarang bagaimana cara mencari suatu ide sehingga dapat diterapkan untuk berbisnis utamanya adalah bisnis online. Terdapat beberapa pokok pikiran yang dapat anda terapkan dalam mencari ide atau gagasan sehingga dapat dijadikan suatu bisnis online, diataranya adalah :

1. Pahami Persoalan
Pertanyaan dasar yang harus dapat kita jawab adalah: ”Mengapa kita perlu memunculkan gagasan-gagasan baru yang hebat?” Jawabannya pastilah untuk memenuhi kebutuhan kita dalam memecahkan persoalan. Kebutuhan adalah induk penemuan, sedangkan kesulitan yang sering kita temui adalah sering kali tanpa sadar kita mengejar permasalahan yang salah dan berputar-putar sendiri. Sebetulnya yang kita perlukan adalah pemahaman yang sangat jernih mengenai apa yang menjadi masalah sesungguhnya.

Bualah suatu rumusan tentang situasi dan apa yang ingin anda capai, bila kita telah merumuskan apa yang menjadi persoalan dan tujuan yang diharapkan dan membuat suatu garis besar dari permasalahan yang ada maka anda akan dapat menyelesaikan persoalan yang anda hadapi, sebagai contoh letak geografi, bahasa yang dikuasai, sumber keuangan dll. Dari hal ini kembangkan cara penyelesaian dan kembangkan sebagai suatu permulaan dalam melakukan suatu bisnis

2. Kenali celah-celah dan inti masalahnya
setelah anda melakukan perumusan masalah yang tengah dihadapi langkah selanjutnya adalah mencari celah dalam menyelesaikan permasalahan. Misalnya yang menjadi permasalahan adalah tentang keuangan. Anda ingin berbisnis di internet tetapi keuangan tipis tidak dapat beli nama domain atau space untuk menaruh website anda. Anda dapat mengenali permasalahan ini, cari celah disini. Bahwa dalam jaman sekarang ini telah ada server penyedia layanan hoting dengan geratis. Anda dapat melakukan pendaftaran yang tentunya geratis pula. Nah anda dapat menaruh website anda disitu kemudian mengembangkan website tersebut hingga dapat membeli nama domain dan space sehingga bisnis dari gagasan anda tetap dapat anda jalankan. Intinya adalah bagaimana anda memahami permasalahan anda dan mencari celah dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi.

3. Membangun Kreativitas Sendiri
Dalam membangun bisnis online dibutuhkan suatu kreatifitas sendiri. Bagaimana caranya menumbuhkan kreatifitas itu??? Anda dapat membuat analisa dengan melihat beberapa website yang memiliki kesamaan pandangan dengan gagasan anda. Lihatlah kelemahan dari website calon pesaing dan buatlah kreatifitas sendiri sehingga anda dapat lebih baik dari mereka

Buatlah perbedaan dengan orang lain, kratifitas disini sangat diperlukan sehingga orang akan melihat sesuatu yang lain dan pada akhirnya mereka akan menjadi customer anda. Bila anda menemukan sudah begitu banyak yang melakukan hal yang sama dengan gagasan anda maka usahakan mencari sesuatu yang lain sesuatu yang beda dengan yang telah ada sekarang ini. Amati dalam internet dan buatlah perbedaan, dengarkan saran dari ahlinya dan usahakan dari satu ahli sebagai panduan sebab bisa mengacaukan pikiran anda

4.Jangan menunda pekerjaan sampai dengan menjelang batas waktuSalah satu hal yang mengherankan tentang ide-ide adalah bahwa kita dapat memerintahkan otak untuk bekerja dengan autopilot. Apabila kita memberinya gagasan-gagasan dasar dan sejumlah rangsangan yang cocok, akhirnya otak akan memunculkan gagasan-gagasan yang dapat diteruskan. Namun ada kecenderungan, apabila dihadapkan pada persoalan, kita akan menunda sampai menit terakhir, dengan alasan bahwa otak akan bekerja lebih baik kalau terdesak. Dan itu memang ada benarnya, karena ketegangan batas waktu mempersatukan pikiran dengan baik sekali. Tetapi kita tidak memberikan kesempatan yang cukup kepada otak untuk menghasilkan pekerjaan yang optimal. Jika kita mengerjakan jauh hari sebelum batas waktu tidak berarti kita harus segera merampungkan, tetapi sekedar memberi masukan yang lebih baik kepada diri sendiri untuk menyadari dimensi-dimensi lain dari keadaan yang kita hadapi.

5.Ambillah sudut pandang orang lain
Ini didasarkan atas andaikata. Artinya kita mencoba untuk menempatkan diri kita pada posisi orang lain, dengan tujuan untuk mengetahui reaksi seseorang atas tindakan yang kita ambil. Misalnya, ”Reaksi apa yang saya harapkan dari orang ini atas gagasan tersebut?” Kemudian telitilah apa yang diperlukan agar orang tersebut dapat memberikan reaksi yang kita inginkan. Bayangkanlah diri kita menduduki jabatannya dan amati gagasan tersebut. Camkanlah reaksi yang timbul dari diri kita dan berbuat sesuai dengan itu.

6.Gunakan pemandu dan rencana agar tetap pada jalur
Tujuan dari pemandu adalah untuk mengarahkan dan mengendalikan pertemuan, tentunya yang berpengalaman. Selain itu juga untuk membantu para peserta mengembangkan gagasan-gagasan mereka. Dengan adanya rencana yang jelas, maka pemandu dapat mempelajarinya dengan baik, sehingga dapat mengetahui banyaknya waktu yang tersedia dan bisa membagi-bagi waktu sehingga semuanya bisa berjalan lancar dan sesuai.

7.Tinggalkan tanggapan negatif
Jangan membiarkan pikiran-pikiran negatif muncul dipermukaan karena akan menjadi penghalang. Juga jangan membiarkan peserta yang satu menginjak atau membunuh gagasan orang lain, karena hanya akan merusak suasana dan menimbulkan permusuhan. Seseorang yang telah diperlakukan seperti itu, akan mundur dan tidak akan bersuara lagi, sehingga kehadirannya jadi tidak berarti, atau yang lebih buruk, akan menjadi agresif dan mencari peluang untuk balas dendam.

8.Belajarlah untuk mendengarkan
Terkadang sulit bagi kita untuk menjadi pendengar yang baik, bisa dikarenakan orang tersebut memang menyebalkan atau hal yang diceritakan kurang menarik. Selain alasan-alasan itu, sebenarnya mendengarkan adalah suatu kegiatan yang harus dilakukan secara aktif. Keuntungan dari mendengar ialah perhatian kita akan lebih terarah ke masalah yang sedang dihadapi dan kita akan mendapatkan lebih banyak informasi.

0 komentar:

Post a Comment