Pages

Wednesday, March 25, 2009

Menumbuhkan rasa PEDE

Rasa percaya diri bukan karunia tetapi hasil dari upaya yang terus menerus untuk membangunnya.

  1. Ingatlah untuk selalu bersikap wajar, hindari sikap yang dibuat-buat, pura-pura, over acting, atau mencari perhatian.
  2. Perhatikanlah sikap tubuh Anda. Hindari sikap yang berkesan malas. Loyo dan tidak bergairah. Belajarlah dari bintang-bintang film di televisi. Anda pasti bisa menilai perbedaan sikap orang yang PD dan yang kurang PD
  3. Ketika bicara, perhatikanlah nada suara. Usahakanlah untuk melafalkan setiap kata dengan jelas, tidak menggumam, mendesis atau berbisik. Selain itu pandanglah mata lawan bicara, jangan menunduk, atau memandang ke arah lain.
  4. Biasakanlah mengucapkan kata terima kasih dengan manta dan tulus
  5. Bersikaplah tegas, jangan berkata “ya” pada saat hendak mengatakan “tidak”. Menjadi yesman mungkin aman tapi tidak sehat bagi harga diri Anda.
  6. Lakukan segera apa yang bisa dilakukan sekarang. Hindari kebiasaan menunda dengan alasan malas atau tidak suka melakukannya. Penundaan bisa menghambat perkembangan rasa percaya diri.
  7. Kenali kelebihan, kekurangan dan kelemahan diri sendiri. Kembangkanlah potensi diri Anda dan perbaikilah kekurangan. Terimalah kelemahan yang tidak bisa diubah dan beranilah mengubah kelemahan yang bisa diubah.
  8. Berusahalah untuk selalu tampil rapih dan besih. “you feel great when you look good”. Anda akan merasa nyaman ketika Anda tampil dengan baik.
  9. Berusahalah untuk memperluas wawasan dan menambah pengetahuan. Orang percaya diri umumnya bukan tipe katak dalam tempurung.
  10. Berusahalah untuk menjadi ahli atau profesional dalam bidang tertentu meskipun tidak menjanjikan popularitas.
  11. Bila diperlukan, jangan ragu untuk meminta bantuan orang lain. Namun berjiwa besarlah untuk menerima penolakan.
  12. Hindari kebiasaan mengeluh dan menggerutu. Curahkanlah isi hati hanya kepada orang yang tepat.
  13. Kendalikanlah perasaan-perasaan negatif. Jangan larut dalam perasaan sedih, frustasi, iri hati, dan sakit hati. Semua itu bisa merusak percaya diri.
  14. Ketika membicarakan orang lain, bicarakanlah kebaikan dan kelebihannya saja, bukan kekurangan atau keburukannya. Pribadi yang percara diri tidak merasa superior dengan cara menjelekkan orang lain, dan tidak merasa inferior karena memuji orang lain
  15. Bila memungkinkan, bantulah orang lain menyelesaikan masalahnya. Tapi bukan untuk ikut campur dalam urusannya.
  16. Beranilah mengakui kesalahan, baik kepada diri sendiri maupun kepada orang lain. Jangan menutupinya.
  17. Beranilah mencoba hal-hal baru yang menantang atau yang selama ini Anda hindari dengan alasan takut.
  18. Jangan memberi gelar konyol kepada diri sendiri. Dan juga jangan mau juga ditempel gelar konyol oleh orang lain, misal : si ceking, si panjul, si tuyul dsb
  19. Nikmatilah hidup. Tenangkanlah pikiran yang kacau, lepaskanlah beban dan raihlah kegembiraan. Carilah aktifitas yang menyenangkan.
  20. Bayangkanlah diri Anda sebagai pribadi yang percaya diri, dan berikaplah sebagai orang yang percaya diri. Lama kelamaan Anda akan benar-benar menjadi orang yang percaya diri.

1 komentar:

  1. wah... artikel yang bermanfaat ni mas untuk pengembangan kepribadian... trims sekali ya mas untuk infonya... senang bisa mampir & kenalan. Luna Ariana (lunar-ptc.blogspot.com)

    ReplyDelete